Sabtu, 18 April 2015

Sawo Kecik (Manilkara kauki) 
 Sering disebut juga Sawo Jawa merupakan tanaman (pohon) penghasil buah dari keluarga sawo-sawoan (Sapotaceae)
Sawo Kecik disebut juga sebagai Sawo Jawa. Sedangkan dalam bahasa Inggris, tanaman yang mulai langka ini disebut sebagai Caqui dan Manilkara. Di beberapa negara lain disebut Khirni (India), dan Lmt Sida atau Lmt Thai (Thailand). Sedangkan dalam bahasa ilmiah (latin) Sawo Kecik disebut sebagai Manilkara kauki yang bersinonim dengan Mimusops kauki,dan Manilkara kaukii.
Ciri-ciri.
Pohon Sawo Kecik (Manilkara kauki) berukuran sedang dengan tinggi mencapai 25 m. Diameter (garis tengah) batang pohon Sawo Kecik mampu mampu mencapai 100 cm.

Daun-daun Sawo Kecik mengelompok pada bagian ujung batang. Di permukaan bawah daun Sawo Kecik berwarna keputihan dan halus seperti beludru dengan tangkai daun tidak menebal, panjang kelopak daun 7 mm.. Kuncup bunga Sawo Kecik berbentuk bulat telur.
Buah Sawo Kecik berbentuk bulat telur atau bulat telur sungsang berukuran kecil dengan panjang berkisar 3.7 cm. Buah Sawo Kecik mempunyai kulit pembungkus yang sangat tipis namun mudah dikelupas. Buah Sawo Kecik, bila mask mempunyai rasa yang manis dan kadang-kadang terasa sedikit agak sepat.
Sawo kecik tumbuh subur di daerah pesisir (pantai) yang beriklim kering hingga daerah berketinggian sekitar 500 meter dpl. Pohon langka ini sering ditanam sebagai pohon peneduh, pohon buah (untuk dikonsumsi buahnya), dan sebagai pohon ornament yang biasa ditanam di dekat kuil atau istana.
MANFAAT SAWO KECIK: 
1.     Dapat menghaluskan kulit
Buah sawo kecik untuk perawatan kulit agar tampak lebih halus dan lembut, karena buah sawo mengandung vitamin E dan nutirisi lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selain itu, cara ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah jerawat, melindungi kulit dari sinar UVdan masalah kulit lainnya.

Caranya yaitu :
Haluskan buah sawo kecik, lalu buang bijinya dan maskerkan keseluruh kulit wajah atau kulit lainnya. Setelah itu diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin 2 kali seminggu, rasakan hasilnya dalam waktu 2 minggu pemakaian.
2.     Konon, sawo kecik telah lama dipercaya dapat menghilangkan bau badan.
Dengan mengkonsumsi buah sawo kecik secara teratur, berkhasiat untuk mengilangkan bau badan, sehingga tubuh kita akan mengeluarkan aroma wangi dan bahkan keringat, nafas serta air seni kita pun akan ikut wangi. Maka dari itu, para putri-putri keraton di Solo dan Jogjakarta sangat menggemari buah sawo kecik ini. Tidak heran jika kita akan menemukan banyak pohon sawo kecik di keraton yang berada di Solo atau Yogyakarta.
3.     Menurunkan kadar kolesterol
Buah sawo kecik juga sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga buah sawo kecik banyak di cari dan dijadikan obat alami yang sangat berkhasiat.
4.     Melancarkan buang air besar
Kandungan serat yang terkandung di dalam buah sawo kecik, sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah susah buang air besar. Hal ini dikarenakan buah sawo kecik dapat membantu usus dalam mencerna makanan yang susah dicerna, sehingga buang air besar menjadi lancar.
5.     Dapat menurunkan tekanan darah tinggi
Walaupun buah sawo kecik mengandung rasa manis, namun aman jika dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Bahkan sebagian orang mempercayai jika buah sawo kecik sangat ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan sekaligus mencegah terkena resiko stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar